2020/01/28

Fungsi, Bagian, & Cara Kerja Organ Jantung Manusia

Tags

I. Pengertian & Fungsi Jantung Manusia

Jantung (bahasa Latin: cor) yang berarti sebuah rongga. jadi jantung adalah rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari bahasa Yunani Cardia untuk jantung.

Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pada manusia jantung terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sekepalan tangan dan memiliki berat kurang lebih 300 gram.

pengertian jantung manusia, fungsi jantung, bagian jantung, anatomi jantung, cara kerja jantung, sisten kerja jantung, contoh penyakit jantung


II. Bagian Jantung Manusia (Anatomi Jantung)

A. Jantung Manusia, seperti layaknya jantung hewan mamalia dan burung, terdiri atas 4 ruang, yaitu:
  1. Serambi Kiri : Ruangan paling atas pada jantung, yang selalu menerima darah dari seluruh tubuh.
  2. Serambi Kanan : Ruangan paling atas pada jantung, yang selalu menerima darah dari paru-paru.
  3. Bilik Kiri : Ruangan jantung bagian bawah, yang selalu menerima darah dari serambi kiri.
  4. Bilik Kanan : Ruangan jantung bagian bawah, yang selalu menerima darah dari serambi kanan.
B. Diantara serambi dan bilik terdapat semacam pintu turun yang disebut katup jantung, antara lain:
  1. Katup Mitral : berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup ini normalnya memiliki dua daun katup, karenanya disebut juga katup bikuspid.
  2. Katup Aorta : berada di antara bilik kiri dan aorta atau batang nadi.
  3. Katup Trikuspid : berada di antara serambi kanan dan bilik kanan, dan memiliki tiga daun katup.
  4. Katup Pulmonalis : berada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis.
C. Dinding Jantung tersusun dari 3 bagian, yaitu: epikardium, miokardium, dan endokardium.

III. Cara Kerja (Sistem Kerja) Jantung Manusia

Jantung memompa darah melewati dua sistem sirkulasi. Darah yang berasal dari sistem peredaran darah besar mengandung sedikit oksigen dan memasuki atrium kanan melalui vena kava superior dan inferior menuju ventrikel kanan. Dari sini darah dipompa menuju paru-paru, tempat darah memperoleh oksigen dan meninggalkan karbon dioksida. Darah yang sudah mengandung oksigen kembali menuju atrium kiri, melewati ventrikel kiri dan dipompa menuju seluruh tubuh melalui aorta di mana oksigen dipakai dan melalui metabolisme menjadi karbon dioksida.

Ditambah lagi, darah juga membawa nutrisi dari hati menuju berbagai organ tubuh, sementara membawa zat sisa menuju hati dan ginjal. Normalnya, jumlah darah yang terpompa menuju paru-paru sama dengan jumlah darah yang terpompa ke seluruh tubuh.

Pembuluh vena memompa darah menuju jantung dan membawa darah yang kaya karbon dioksida kecuali vena pulmonaris dan vena pada sistem pencernaan. Arteri membawa darah keluar jantung, membawa oksigen selain pada arteri pulmonaris.

Jarak yang jauh dari jantung membuat pembuluh vena memiliki tekanan yang lebih kecil dari pembuluh arteri. Ketika beristirahat, jantung berdetak kurang lebih 72 kali per menit. Latihan fisik biasanya mengangkat jumlahnya, tetapi jumlah melambat selama beberapa waktu, yang baik untuk jantung.

IV. Penyakit Jantung

Beberapa contoh penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh koroner, dan penyakit stroke. Penyebab utama penyakit jantung antara lain: merokok, obesitas, kurang olahraga, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa penyebab lainnya.

Spesialis yang yang fokus menangani penyakit jantung disebut Kardiologis. Untuk melakukan diagnosis pada penyakit kardiovaskular seringkali dilakukan dengan stetoskop, ECG atau melalui pendengaran ultrasonik

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Fungsi, Bagian, & Cara Kerja Organ Jantung Manusia" yang InfoAzza sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.